Jumat, 06 Desember 2013

Materi E-bisnis

E-Bisnis Dan E-Commerce




Pengertian E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Perbedaan antara E-Commerce dan E-Business :
-    E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
-  E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
-   E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
-   E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.

1).Yang harus dipersiapkan didalam bisnis elektronik
     - Pembelian secara elektornik
     - Manajemen Suplier/sisitem
     - Cara Mengorder
     - Cara melayani
     - Penanganan Pelanggan,kerjasama dengan mitra bisnis baik secara online
2).Pelaku E-Bisnis
    - Organisasi
    - Konsumen => Dewasa,anak",remaja,wanita/Pria
    - Perusahan
    - Supplier = Supply
    - Pekerja
    - Rekan Bisnis
3).Sumberdaya yang digunakan/Alat media
    - TIK
    - Komputer (Terprogram sistem)
    - Internet
4).Kegiatan dan Sasaran
    - Bisnis
    - Pembelian,Penjualan,Pembayaran
    -Operasi Bisnis
5). Keuntungan
    -Fleksibel
    -Terintegrasi
    - Lebih Aman
    - Nilai Bisnis yang berbeda
    - Efisien
    - Peningkatan


E-commerce 

E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum, hanya menciptakan situs Web yang mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapat dianggap “e-commerce.” dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis e-commerce sekarang menawarkan toko online yang rumit di mana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan, pilih metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit mereka

Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

1).yang harus dilakukan oleh E-commerce
    - Kegiatan jula beli yaitu Mencakup Semua pertukaran informasi bisnis secara elektronik,
    Mis : Pemasaran,order teking, pengiriman ,pelayanan pelanggan

Ada 2 Sisi E-Commerce
 1.Buy side
2. Sell side

Penjelasan tentang Buy Side Adalah Transaksi terkait dnegan pengadaan sumberdaya yang dibutuhkan        oleh pemilik toko dan pemasok.sedangkan
Sell Side Adalah segala transaksi yang terkait dengan produk kepada pelanggan


Jenis-jenis E-Bisnis
1. B2B = Bisnis to Bisnis
2. B2C = Bisnis to Customer
3.C2C = Customer To Customer
4.C2b = Customer to Bisnis
5.B2G = Bisnis to Goverment

Manfaat E-Bisnis 

1.Bagi perusahaan dan pebisnis perorangan
  -Memperpendek Jarak
  -Perluasan pasar
  -Perluasan Mitra kerja
  -Biaya terkendali
  -Efisien
  -Cash Flow terjamin
2.Bagi Konsumen
  -Efisien dan efektif
  -Biaya terkendali
  -Aman secara fisik
  -Harga Murah
  -Fleksibel
3.Bagi masyarakat pada umumnya
  -Peluang kerja baru
  -Wahana Kompetisi
4.Bagi dunia akademik
  -Tantangan Baru
  -Para peneliti pendukung untuk melakukan analisa terhadap penggeseran pada bisnis
  -Pembuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan

Hambatan-hambatan pada E-Bisnis 

1.Harga produk tidak dapat ditawar lagi
2.sarana prasarana belum memadai
3.Masih sedikitnya SDM yang memahami dan menguasai implementasi dan konsep teknologi informasi
4.Jasa pengiriman barang yang masih belum baik dibutuhkan pembenahan
5.Banyaknya kejahatan kartu kredit
6.Membuat konsumen menunggu
7.E-Bisnis masih dipandang sebelah mata

Langkah-Langkah bisnis dengan sistem E-Bisnis 

1.Mempublikasi halaman web
2.Mempromosikan produk-produk pada masyarakat/public
3.Calon pembeli dapat memilih produk dihalaman web
4.Mengisi formulir transaksi elektronik dengan mencantumkan nomor,kartu creditnya
5.Proses pembayaran selesai barang alkan dikirim melalui kantor pos atau jasa pengiriman lainnya

Tahap-Tahap E-Bisnis Pembangunan E-Bisnis
1.Visi dan Prospek
   -Membangun web,untuk Bisa Berbisnis
   -Membangun Sistem informasi berbasis E-Bisnis
2.Tahap-Tahap pembangunan sistem E-Bisnis
   -Mendayagunakan,Jaringan komputer dan internet
3.Permodelan Sistem
  *.Menggambarkan aliran data flowchart
  *.Menggambarkan DFD

Tahap-Tahap Perencanaan
1.Tahap perencanaan
  -Proposal Ti/Si untuk prioritas E-Bisnis
  -Kasus Bisnis
  -Perencanaan aplikasi e-Bisnis
2.Tahap Analisis Mc.Lead
  -Kelayakan teknis
  -Pengembalian Ekonomis
  -Pengembalian Non Ekonomis
  -Hukum dan etika
  -Oprasional
  -Jadwal
3.Tahap Perancangan
  -Kebutuhan perusahan E-Bisnis
  -Kebutuhan Operator
  -Kebutuhan pemakai
  -Kebutuhan Teknis
4.Tahap Pemaparan/implementasi
   mewujudnyatakan rencana yang sudah disusun sebelumnya
   Implementasi dalam E-bisnis hanya menggunakan bahasa komputer
    Metode Implementasi
   - Penggunaan Paket aplikasi
   - Pengembangan oleh staf sendiri atau karyawan yang ingin membuat
   - Kerja sama dengan pihak luar,consultant
   - Software house(outcoursing)
 5.Tahap evaluasi
   -membuktikan/ujicoba sistem yang selesai disusun
   -memastikan bahwa sistem tersebut sudah benar
   -karakteristik harus sesuai
   -tidak ada kesalahan-kesalahan yang terkandung didalamnya

  Evaluasi perangkat keras
1.Kemampuan harus meliputi kecepatan proses dan distribusi
2.Berapa besar biaya untuk mengoperasikan dan tahap perawatan sistem
3.Kompatible perangkat keras dari sistem yang dibuat
4.Berapa lama perangkat keras/sistem bertahan
5.Komputer yang digunakan harus memperhatikan faktor ergonomik
6.Keandalan jaringan komputer yang dibangun

6.Tahap penggunaan dan Pemeliharaan
 *.Harus ada Pemeliharaan secara rutin yang meliputi
  - Penataan Database
  -Membackup File
  -Scanning Virus
  -Melakukan penyesuaian untuk menjaga kemutahiran sistem
  -Pemebetulan atsa kesalahan yang terjadi dan belum diketahui sebelumnya


Contoh tahap Perencanaan
-Kegagalan Sistem informasi E-Bisnis
1.Menganggap sistem ekonomiE-Bisnis adalah yang paling utama dan paling penting,sementara melupakan   komitmen dan konsisten terhadap materi. produk  dan respons terhadap pelayanan konsumen
2.Antar muka E-Bisnis sering kurang interaktif selalu kurang interaktif,kurang komunikatif dan kurang mudah digunakan oleh konsumen,karena antar muka sering dibangun selama pembuatannya
3.Perubahan cara pandang ,pola berbisnis,sistem tradisonal dan lokal menjadi modern dan global
4.Perusahan dan pebisnis Membutuhkan Waktu untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan bentuk bisnis.




Materi Selesai ......!!!!!!

Alamat freewebstore: http://www.freewebstore.org/Rickashop  



1 komentar: